Kebijakan Privasi
  1. PENGANTAR
    Kami, PT Panin Asset Management ("Panin AM"), berkomitmen untuk melindungi dan menghormati privasi Anda. Kebijakan Privasi ini menjelaskan bagaimana kami mengumpulkan, menggunakan, menyimpan, dan melindungi informasi pribadi Anda ketika Anda menggunakan Platform Online Panin AM. Platform Online Panin AM mencakup semua layanan digital yang disediakan oleh Panin AM, termasuk Aplikasi mobile iPROSPER, website reksadanapanin.co.id, panin-am.co.id dan potensi pengembangan platform digital tambahan di masa depan.
    Mohon baca Kebijakan Privasi ini dengan seksama untuk memastikan bahwa Pengguna memahami bagaimana proses pengolahan data Panin AM. Kecuali didefinisikan lain, semua istilah dengan huruf kapital yang digunakan dalam Kebijakan Privasi ini memiliki arti yang sama dengan yang tercantum dalam Syarat dan Ketentuan Umum Platform Online Panin AM.

  2. DEFINISI DATA PRIBADI
    "Data Pribadi" adalah data yang mengindentifikasi atau dapat digunakan untuk mengidentifikasi, menghubungi, atau menemukan orang atau perangkat yang terkait dengan data tersebut sebagaimana dirinci dalam Pasal 4 Kebijakan Privasi ini. Untuk menghindari keragu-raguan, peraturan perundang-undangan yang berlaku berarti seluruh undang-undang yang berlaku, anggaran rumah tangga, perundangan, peraturan, kebijakan peraturan, protokol, kode industri, izin peraturan atau persyaratan dari pengadilan, tribunal, atau pemerintah apa pun, pengesahan, peraturan, peradilan, administratif atau otoritas atau bada pengawas, yang berlaku dari waktu ke waktu selama jangka waktu pemberitahuan Kebijakan Privasi ini ("Peraturan Perundang-Undangan Yang Berlaku"). Selain itu, data-data lain, termasuk profil pribadi, dan/atau pengenal unik, dikaitkan atau digabungkan dengan Data Pribadi, maka data tersebut juga merupakan Data Pribadi. Jenis Data Pribadi yang Panin AM kumpulkan bergantung pada keadaan pengumpulan dan sifat layanan yang diminta atau transaksi yang dilakukan. Sepanjang diizinkan oleh Peraturan Perundang-Undangan Yang Berlaku, Panin AM dapat memproses, mengumpulkan, menggunakan, menyimpan dan mentransfer jenis-jenis berbeda dari Data Pribadi, yang terdiri dari Data Pribadi umum dan spesifik/sensitif.

  3. KEBERLAKUAN KEBIJAKAN PRIVASI
    Dengan menggunakan layanan di Platform Online Panin AM, Pengguna menyatakan telah membaca, memahami, dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan termasuk Kebijakan Privasi ini, juga menyatakan bahwa Pengguna adalah pihak yang sah dan berwenang memberikan Data Pribadi Pengguna kepada Panin AM melalui Platform Online Panin AM.

  4. PEROLEHAN DAN PENGUMPULAN DATA PRIBADI
    Panin AM mengumpulkan Data Pribadi Pengguna tujuan untuk mendaftarkan akun dan memproses transaksi Pengguna, mengelola dan memperlancar proses penggunaan Platform Online Panin AM serta tujuan-tujuan lainnya selama diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Adapun data Pengguna yang dikumpulkan adalah sebagai berikut:
    1. Data Pribadi berupa informasi pribadi Pengguna, termasuk tetapi tidak terbatas pada, nama, alamat, nomor telepon, alamat email, tanggal lahir, pekerjaan, penghasilan, baik yang tercantum di dalam kartu identitas ataupun media lainnya di mana informasi tersebut dapat diperoleh dan Data Pribadi lainnya yang terkandung dalam korespondensi antara Pengguna dan Panin AM baik melalui email, kiriman surat fisik, Platform Online Panin AM atau sarana korespondensi/media komunikasi resmi Panin AM;
    2. Informasi tentang pihak ketiga yang Pengguna berikan kepada Panin AM, Pengguna dapat memberikan informasi pribadi kepada Panin AM yang berkaitan dengan individu pihak ketiga lainnya (termasuk informasi pribadi yang berkaitan dengan pasangan Pengguna, anggota keluarga, teman, atau individu lain). Pengguna memerlukan persetujuan dari mereka terlebih dahulu untuk melakukan hal tersebut. Dengan memberikan informasi pribadi pihak ketiga tersebut, Panin AM menganggap Pengguna telah mendapatkan persetujuan yang diperlukan.
    3. Rincian keuangan berupa data keuangan pribadi dan/atau transaksi termasuk namun tidak terbatas pada informasi penghasilan dan pajak;
    4. Gambar dan rekaman percakapan Pengguna dengan karyawan Panin AM sehubungan dengan penggunaan layanan Platform Online Panin AM ;
    5. Informasi tentang profil risiko, investasi dan data lain berkaitan dengan kepentingan bisnis dan aset;
    6. Informasi yang terkandung dalam korespondensi antara Pengguna dan Panin AM melalui email, kiriman surat fisik, atau sarana korespondensi/media komunikasi resmi Panin AM;
    7. Informasi yang terkandung dalam keputusan Pengguna beserta dengan persetujuan jika Pengguna memutuskan untuk mengajukan untuk mendapatkan layanan atau produk Panin AM melalui Platform Online Panin AM;
    8. Pendapat pribadi berupa umpan balik atau tanggapan terhadap survei yang diberitahukan kepada Panin AM;
    9. Data Pribadi yang dibuat dan didapatkan dari hasil penggunaan layanan Platform Online Panin AM, termasuk namun tidak terbatas pada data olahan teknis, seperti mobile positioning, penilaian lokasi, profiling lanjutan, informasi tentang data yang diperoleh dari aktivitas pemakaian layanan Platform Online Panin AM yang Pengguna akses;
    10. Data Pribadi dari grup usaha dan/atau pihak ketiga lainnya yang merupakan mitra Panin AM atau mengadakan kerja sama dengan Panin AM, mencakup partner Panin AM dan grup usaha;
    11. Data penelusuran atas informasi yang dikumpulkan ketika Pengguna menggunakan layanan Platform Online Panin AM yang diberikan oleh Panin AM yaitu informasi yang berkenaan dengan Data Pribadi Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada keterkaitan atau preferensi Pengguna yang dikumpulkan dari penggunaan Platform Online Panin AM serta foto, suara, kontak, daftar penggilan ataupun interaksi lainnya dalam layanan yang diizinkan oleh Pengguna untuk diakses melalui smartphone yang Pengguna miliki. Panin AM tidak pernah memindai, menduplikasi atau mengambil foto-foto pada album dan/atau kamera dalam smartphone Pengguna;
    12. Data biometrik yang diberikan oleh Pengguna secara sukarela, yaitu data yang berkaitan dengan fisik, fisiologis, atau karakteristik perilaku individu yang memungkinkan identifikasi unik terhadap individu, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, gambar wajah, sidik jari, dan rekaman pembicaraan ("Data Biometrik");
    13. Data geolokasi yaitu data identifikasi lokasi geografis Pengguna berdasarkan Smartphone Pengguna yang terhubung dengan Platform Online Panin AM ;
    14. Data Catatan (log) termasuk catatan pada server yang menerima data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, jenis peramban (browser), dan/atau situs atau layanan pihak ketiga yang Pengguna gunakan sebelum berinteraksi dengan Platform Online Panin AM; dan
    15. Data teknis tertentu sehubungan dengan penggunaan Pengguna seperti, alamat protokol internet, informasi halaman web yang sebelumnya atau selanjutnya dilihat, identitas perangkat internet atau alamat kontrol akses media, dan mobile advertising ID dan informasi perangkat lainnya termasuk informasi mengenai produsen, model, dan system operasi dan perangkat yang Pengguna gunakan untuk mengakses Platform Online Panin AM.

    Pengguna dapat memberi Platform Online Panin AM data teknis dan lokasi setiap kali Pengguna mengakses Platform Online Panin AM menggunakan perangkat seluler Pengguna. Platform Online Panin AM akan melacak dan mengumpulkan data lokasi geografis Pengguna secara waktu-nyata (real-time). Pengguna selalu dapat memilih untuk menonaktifkan data pelacakan lokasi geografis pada perangkat seluler Pengguna untuk sementara. Namun, hal itu dapat mempengaruhi fungsi yang tersedia pada Platform Online Panin AM.

    Selain itu, ketika Pengguna menggunakan Platform Online Panin AM, informasi tertentu juga dapat dikumpulkan secara otomatis dengan menggunakan cookies. Cookies adalah berkas data kecil yang tersimpan pada computer atau perangkat seluler Pengguna. Panin AM menggunakan cookies untuk melacak aktivitas Pengguna dengan tujuan untuk meningkatkan antar muka dan pengalaman penggunaan Pengguna. Sebagian besar perangkat seluler dan peramban internet mendukung penggunaan cookies; namun Pengguna dapat menyesuaikan pengaturan pada perangkat seluler atau peramban internet Pengguna untuk menolak beberapa jenis cookies atau cookies spesifik tertentu. Perangkat seluler dan/atau peramban Pengguna juga memungkinkan Pengguna untuk menghapus cookies apa pun yang sebelumnya telah tersimpan. Namun demikian, hal itu dapat mempengaruhi fungsi-fungsi yang tersedia pada Platform Online Panin AM.

    Kegagalan untuk menyediakan data tersebut dapat mengakibatkan Panin AM tidak dapat memberikan layanan pada Platform Online Panin AM secara penuh atau parsial kepada Pengguna. Pengguna harus memberikan informasi yang relevan yang mungkin diperlukan agar Platform Online Panin AM dapat berfungsi dengan optimal, contoh jika Pengguna menggunakan Platform Online Panin AM, Pengguna harus memberikan informasi sesuai dengan jenis layanan yang Pengguna gunakan.

  5. PENGOLAHAN DAN PENGGUNAAN DATA PRIBADI
    Panin AM adalah pengendali Data Pribadi yang terkumpul di Platform Online Panin AM. Panin AM tidak akan menjual, menukar, membagikan, menyebarluaskan, menduplikasi ataupun memperlihatkan informasi atau Data Pribadi Pengguna kepada pihak lain untuk tujuan yang tidak dinyatakan di dalam Syarat dan Ketentuan yang telah disetujui oleh Pengguna dan perubahannya dari waktu ke waktu sesuai pemberitahuan kepada Pengguna. Panin AM akan senantiasa berupaya untuk menjaga keamanan informasi atau Data Pribadi Pengguna dan melindunginya terhadap manipulasi, pemalsuan, akses dan pengungkapan yang tidak bertanggung jawab.

    Panin AM dapat melakukan pemrosesan informasi atau Data Pribadi Pengguna yang dikumpulkan / diperoleh untuk tujuan berikut ini:
    1. Panin AM dapat menggunakan informasi atau Data Pribadi untuk mengidentifikasi dan mendaftarkan sebagai pengguna dan untuk mengadministrasikan, memverifikasi, menonaktifkan, atau mengelola akun calon Pengguna dan/atau Pengguna;
    2. Panin AM dapat menggunakan informasi atau Data Pribadi untuk memfasilitasi atau memungkinkan verifikasi apapun yang menurut pertimbangan Panin AM diperlukan sebelum Panin AM mendaftarkan Anda sebagai pengguna, termasuk melakukan proses mengenal pelanggan (Know Your Customer – KYC) serta keperluan pihak berwenang
    3. Panin AM dapat menggunakan informasi atau Data Pribadi untuk tujuan bisnis, seperti mengembangkan dan menyediakan fasilitas Panin AM, produk atau jasa, termasuk namun tidak terbatas pada membantu Panin AM dalam memantau, menganalisis aktivitas, perilaku, dan data demografis Pengguna termasuk kebiasaan dan penggunaan berbagai layanan yang tersedia di Platform Online Panin AM serta bagaimana layanan Panin AM digunakan atau untuk penasihat profesional dan auditor eksternal Panin AM, termasuk penasihat hukum, penasihat keuangan, dan konsultan-konsultan, perusahaan afiliasi Panin AM, anak perusahaan, perusahaan induk, dan perusahaan terkait sehubungan dengan operasi bisnis Panin AM, serta orang atau perusahaan lain yang berada di bawah kewajiban kerahasiaan kepada Panin AM serta pelaporan kepada pihak regulator dan pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak yang berwenang dan sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia, dan lain sebagainya yang diatur sesuai dengan kebijakan dan prosedur internal Panin AM atau sesuai dengan syarat dan ketentuan yang mengatur hubungan antara Panin AM dengan Pengguna. Sehubungan dengan ini, Panin AM akan menggunakan upaya terbaik untuk memastikan pihak-pihak terkait sebagaimana disebutkan untuk memperhatikan Kebijakan Privasi ini.
    4. Panin AM dapat menggunakan informasi atau Data Pribadi Pengguna untuk tujuan pemasaran yaitu menawarkan produk atau jasa, termasuk penawaran khusus, promosi, kontes atau informasi yang mungkin menarik bagi Pengguna. Pesan pemasaran tersebut dapat dikirim kepada Pengguna dalam berbagai cara termasuk namun tidak terbatas pada surat fisik, surat elektronik, layanan pesan singkat, telepon, faksimili, sarana korespondensi dan media penyampaian informasi resmi Panin AM lainnya sesuai dan tunduk kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Pengguna dapat membuat permohonan kepada Panin AM apabila Pengguna ingin berhenti untuk dihubungi oleh Panin AM untuk tujuan pemasaran tersebut dengan menghubungi Layanan Pengaduan Nasabah sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi ini.
    5. Untuk memenuhi persyaratan 2 (dua) faktor otentikasi sebagaimana disyaratkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Panin AM akan mengirimkan Data Biometrik Pengguna kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan/atau penyelenggara sertifikasi elektronik yang tersertifikasi oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk tujuan otentikasi data Pengguna berupa otentikasi kecocokan wajah, dan sebagai upaya mitigasi risiko Bank. Setelah verifikasi tersebut telah berhasil dilakukan, Panin AM akan menyimpan Data Biometrik tersebut sebagai bukti proses KYC, serta Data Biometrik Pengguna akan digunakan sebagai rujukan dalam pelaksanaan layanan transaksional perbankan oleh Pengguna yang membutuhkan 2 (dua) faktor otentikasi sebagaimana disyaratkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    6. Panin AM dapat menggunakan informasi atau Data Pribadi untuk tujuan lain seperti yang diizinkan oleh hukum dan peraturan yang berlaku, termasuk tidak terbatas pada menanggapi permintaan atau arahan peraturan, bekerja sama dalam penyelidikan, mematuhi persyaratan pengarsipan, pelaporan dan perizinan yang disyaratkan oleh pearturan perundang-undangan yang berlaku dan melakukan pemeriksaan, audit, uji tuntas, serta penyelidikan.

    Namun demikian, Panin AM akan mengungkapkan informasi atau Data Pribadi Pengguna sepanjang diperlukan untuk melindungi dan mencegah penipuan, klaim, dan kewajiban lainnya dalam hal terjadi sengketa atau segala bentuk proses hukum antara Pengguna dan Panin AM, atau antara Pengguna dan pihak lain sehubungan dengan, atau terkait dengan layanan pada Platform Online Panin AM, atau dalam keadaan darurat yang berkaitan dengan kesehatan dan/atau keselamatan Pengguna dengan tetap tunduk pada hukum dan peraturan yang berlaku.

  6. PEMBERIAN INFORMASI PRIBADI
    Panin AM dapat mengungkapkan, memberikan akses atau memberikan Informasi Pribadi Pengguna kepada afiliasi Panin AM dan/atau pihak lain untuk tujuan sebagai berikut ini serta untuk tujuan lain yang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku:
    1. jika disyaratkan atau diotorisasikan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku (termasuk namun tidak terbatas pada menanggapi pertanyaan terkait regulasi, penyelidikan atau pedoman, atau mematuhi persyaratan atau ketentuan pengarsipan dan pelaporan berdasarkan undang-undang), untuk tujuan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    2. jika diinstruksikan, diminta, disyaratkan atau diperbolehkan oleh pemerintah yang berwenang, untuk tujuan sebagaimana disebutkan dalam kebijakan pemerintah, peraturan atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    3. jika terdapat proses hukum dalam bentuk apapun antara Pengguna dengan Platform Online Panin AM, atau antara Pengguna dengan pihak lain, sehubungan dengan, atau terkait dengan layanan, untuk keperluan proses hukum tersebut;
    4. sehubungan dengan segala proses verifikasi Panin AM atau pihak ketiga perlukan sebelum pemberi layanan memberikan layanan kepada Pengguna. Panin AM mendaftarkan Pengguna sebagai Pengguna pada Platform Online Panin AM, termasuk proses Customer Due Diligence;
    5. sehubungan dengan penggabungan, penjualan aset perusahaan, konsolidasi atau restrukturisasi, pembiayaan atau akuisisi semua atau sebagian dari bisnis Panin AM oleh atau ke perusahaan lain, untuk keperluan transaksi tersebut (bahkan jika kemudian transaksi tidak dilanjutkan); dan
    6. kepada pihak ketiga (termasuk agen, vendor, pemasok, kontraktor, mitra dan pihak lain yang memberikan layanan kepada atau bekerja sama dengan Panin AM atau Pengguna, melakukan tugas atas nama Panin AM, atau pihak dengan siapa Panin AM mengadakan kerja sama komersial), untuk atau sehubungan dengan tujuan di mana pihak ketiga tersebut terlibat, dalam melaksanakan pengungkapan kepada pihak ketiga terkait yang secara teknis diperlukan untuk memproses transaksi ataupun perintah Pengguna, atau untuk tujuan kerja sama pihak ketiga dengan Panin AM (tergantung pada keadaannya), yang dapat mencakup pihak ketiga diperbolehkan untuk melakukan penawaran atau perkenalan produk atau layanan pihak ketiga kepada Pengguna, untuk melakukan autentikasi terhadap Pengguna, atau untuk menghubungkan Akun Pengguna dengan sistem penyedia layanan pihak ketiga atau melakukan kegiatan yang termasuk tetapi tidak terbatas pada pemasaran, penelitian, dan analisis produk.
    7. Ketika Informasi Pribadi tidak perlu dikaitkan dengan Pengguna, Panin AM akan melakukan upaya yang wajar untuk mencegah dikaitkannya Informasi Pribadi tersebut dengan Pengguna sebagai individu sebelum mengungkapkan atau membagikan informasi tersebut.
    8. Panin AM tidak akan menjual atau menyewakan Informasi Pribadi Pengguna.

    Selain sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini, Panin AM dapat mengungkapkan dan membagikan Informasi Pribadi Pengguna jika Panin AM memberitahu Pengguna dan Panin AM telah memperoleh persetujuan Pengguna untuk pengungkapan atau pembagian tersebut.

  7. KEAMANAN INFORMASI PRIBADI PENGGUNA
    Kerahasiaan Informasi Pribadi Pengguna adalah hal yang terpenting bagi Panin AM. Panin AM akan memberlakukan upaya terbaik untuk melindungi dan mengamankan data dan Informasi Pribadi Pengguna dan/atau nasabah dengan menerapkan:
    1. Teknologi enkripsi Secure Socket Layer (SSL) 256 bit, yang akan melindungi komunikasi antara perangkat Nasabah dengan server Panin AM.
    2. Metode autentikasi berupa PIN, password, dan/atau OTP.
    3. Time out session, di mana setelah 5 (lima) menit tanpa aktivitas terhadap reksadanapanin.co.id oleh Pengguna, maka akses akan secara otomatis tidak aktif. Time out session juga berlaku terhadap iPROSPER dimana selama 24 (dua puluh empat) jam tanpa aktivitas Pengguna, maka akses akan secara otomatis tidak aktif dan Pengguna harus menginput PIN untuk dapat kembali mengakses aplikasi.

    Namun, pengiriman informasi melalui internet tidak sepenuhnya aman. Walau Panin AM akan berusaha sebaik mungkin untuk melindungi Informasi Pribadi Pengguna, Pengguna mengakui bahwa Panin AM tidak dapat menjamin keutuhan dan keakuratan Informasi Pribadi apa pun yang Pengguna kirimkan melalui Internet, atau menjamin bahwa Informasi Pribadi tersebut tidak akan dicegat, diakses, diungkapkan, diubah atau dihancurkan oleh pihak ketiga yang tidak berwenang, karena faktor-faktor di luar kendali Panin AM. Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan detail Akun Pengguna, termasuk kata sandi Pengguna, One Time Password (OTP) dan PIN dengan tidak membagikan kepada siapapun dan harus selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang Pengguna gunakan.

  8. PERUBAHAN KEBIJAKAN PRIVASI
    Panin AM dapat meninjau dan mengubah Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu, untuk tetap menyesuaikan dengan perkembangan situasi dan/atau perubahan dalam ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pengguna setuju bahwa Pengguna bertanggung jawab untuk memeriksa Kebijakan Privasi ini secara berkala untuk mengetahui data terbaru tentang pengolahan data dan praktik pelindungan data Panin AM, dan bahwa dengan Pengguna terus menggunakan Platform Online Panin AM, berkomunikasi dengan Panin AM, atau mengakses dan menggunakan layanan setelah adanya perubahan apapun terhadap Kebijakan Privasi ini akan dianggap sebagai persetujuan Pengguna terhadap Kebijakan Privasi ini dan segala perubahannya

  9. PENGAKUAN DAN PERSETUJUAN
    1. Dengan menggunakan Platform Online Panin AM, Pengguna mengakui telah membaca, memahami dan menyetujui Kebijakan Privasi ini beserta seluruh ketentuan Pemrosesan informasi/Data Pribadi Pengguna oleh Panin AM sebagaimana dinyatakan di dalam Kebijakan Privasi ini.
    2. Pengguna juga menyatakan bahwa Pengguna merupakan pemilik hak tunggal untuk membagikan seluruh informasi dan Data Pribadi yang telah Pengguna berikan kepada Panin AM dan memberikan hak kepada Panin AM untuk menggunakan informasi dan Data Pribadi tersebut sesuai hukum yang berlaku.
    3. Pengguna menyetujui Panin AM untuk melakukan Pemrosesan Data Pribadi Pengguna untuk kepentingan penggunaan Platform Online Panin AM.

  10. PENYIMPANAN, PENGHAPUSAN DAN PEMUSNAHAN DATA PRIBADI
    Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku atau kebijakan retensi data milik Panin AM Panin AM dapat menghapus dan/atau memusnahkan Data Pribadi Pengguna dari sistem agar Data Pribadi tersebut tidak lagi mengidentifikasi Pengguna, kecuali dalam hal:
    1. Apabila perlu menyimpan Data Pribadi untuk memenuhi kewajiban hukum, keperluan pembuktian di kemudian hari, pajak, audit, dan akuntasi, Panin AM akan menyampaikan Data Pribadi yang diperlukan selama Pengguna menggunakan layanan di Panin AM baik secara langsung maupun melalui Platform Online Panin AM atau sesuai retensi / jangka waktu yang disyaratkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    2. Sehubungan dengan investigasi terhadap pelanggaran kontrak, kecurigaan, terhadap aktivitas-aktivitas penipuan atau pelnggaran hukum; dan/atau
    3. Data Pribadi masih dalam periode retensi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Mohon diperhatikan bahwa masih ada kemungkinan bahwa beberapa Data Pribadi Pengguna disimpan atau dikuasai oleh pihak lain termasuk institusi pemerintah dengan cara tertentu. Dalam hal Panin AM membagikan Data Pribadi Pengguna kepada institusi pemerintah yang berwenang dan/atau institusi lainnya yang dapat ditunjuk oleh pemerintah yang berwenang atau memiliki kerja sama dengan Panin AM, Pengguna menyetujui dan mengakui bahwa penyimpanan Data Pribadi Pengguna oleh institusi terkait akan mengikuti kebijakan penyimpanan data masing-masing institusi tersebut.

    Data yang disampaikan melalui komunikasi antara Pengguna dan Panin AM yang dilakukan selain melalui penggunaan Platform Online Panin AM (seperti melalui panggilan telepon, SMS, pesan seluler atau cara komunikasi lainnya dan pengumpulan atas Data Pribadi Pengguna oleh tenaga pemasar Panin AM atau pihak lainnya) juga dapat disimpan dengan beberapa cara. Panin AM tidak mengizinkan Pemrosesan Data Pribadi antara Pengguna dan pihak ketiga yang terjadi diluar Platform Online Panin AM. Oleh karena itu, pemrosesan Data Pribadi diluar Platform Online Panin AM tersebut akan menjadi tanggung jawab penuh Pengguna.

    Sepanjang diizinkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, Pengguna membebaskan Panin AM dari dan terhadap setiap dan segala klaim, kerugian, kewajiban, biaya, kerusakan, dan ongkos (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya hukum dan pengeluaran biaya ganti rugi penuh) yang dihasilkan secara langsung atau tidak langsung dari setiap aktivitas yang dilakukan diluar Panin AM.

  11. LAINNYA
    Platform Online Panin AM dapat berisi tautan ke situs web yang dioperasikan oleh pihak ketiga. Segala Pemrosesan Data Pribadi pada situs web tersebut sepenuhnya dikendalikan oleh pihak ketiga dan berada dibawah pertanggungjawaban pihak ketiga. Jika Pengguna setuju untuk mengakses situs web yang dioperasikan oleh pihak ketiga tersebut, maka Pengguna tunduk pada syarat dan ketentuan serta pemberitahuan privasi dari situs web pihak ketiga. Oleh karena itu, Pengguna disarankan untuk membaca syarat dan ketentuan dan pemberitahuan privasi dari situs web pihak ketiga tersebut untuk mengetahui bagaimana mereka mengumpulkan dan menggunakan Data Pribadi Pengguna.

    Saat Pengguna menggunakan iPROSPER dan mengaktifkan fitur sidik jari (fingerprint) dan/atau pengenalan wajah (face recognition) di perangkat seluler Pengguna untuk keperluan autentikasi, harap dicatat bahwa Panin AM tidak menyimpan data biometrik tersebut. Kecuali diberitahukan lain kepada Pengguna, data tersebut tersimpan di perangkat seluler Pengguna dan dapat disimpan oleh pihak ketiga, seperti pembuat perangkat seluler Pengguna. Pengguna setuju dan mengakui bahwa Pengguna sepenuhnya bertanggung jawab atas setiap akses tidak sah atau kerugian apapun atas data biometrik yang tersimpan di perangkat seluler Pengguna.

    Iklan yang terdapat pada Platform Online Panin AM berfungsi sebagai tautan ke situs (web) pengiklan dan dengan demikian segala data yang mereka kumpulkan berdasarkan klik Pengguna pada tautan itu akan dikumpulkan dan digunakan oleh pengiklan yang relevan sesuai dengan kebijakan privasi pengiklan tersebut.

  12. HUBUNGI LAYANAN PENGADUAN NASABAH
    Untuk pertanyaan atau keluhan lainnya, Pengguna dapat menghubungi melalui panggilan telepon ke 1500-726 atau email ke pengaduan@panin-am.co.id.